Lempuk "Lempok" ~ Dodol Durian Ala Bengkulu

Salah satu makanan atau jajanan yang wajib dicoba jika anda berkunjung ke Provinsi Bengkulu adalah Lempuk ~ Lempok. Secara umum Lempuk Bengkulu mungkin terlihat lebih seperti dodol biasa yang banyak juga banyak terdapat pada belahan propinsi lainnya di Nusantara.

Lantas apakah yang membedakan antara Lempuk Bengkulu dengan aneka jenis dodol lainnya..? sebenarnya bedanya hanya terdapat pada jenis bahan baku yang digunakan. Lempuk Bengkulu menggunakan sepenuhnya bahan baku berasal dari buah durian segar pilihan. Sedangkan pada dodol umumnya menggunakan bahan baku sejenis tepung aaupun beras ketan.

Untuk resep lempuk Bengkulu ini seperti gampang-gampang sulit untuk membuatnya, berbahan dasar utama buah durian segar dan gula. kemudian diaduk dan dimasak dalam tempayan/wajan besar sampai mengental layaknya dalam pembuatan dodol.

Berikut Resepnya.
Bahan:
400 gm isi durian     400-500 gm gula

Cara Memasak:
Campurkan Buah Durian segar Dan Gula Wajan. Masak dan aduk dengan api sederhana hingga mendidih dan gulanya hancur.  Aduk Terus Hingga berubah menjadi Kecoklatan pekat dan tidak lengket pada wajan. Angkat dan tiriskan. Lempuk Siap dinikmati. Dapat juga di awetkan dalam dalam waktu yang lama.

Untuk masalah rasa jangan diragukan akan kelezatan lempuk Bengkulu ini, selain Manis juga terasa lebih gurih dibandingkan dodol biasa. Ohya bagi sobat yang tidak mau reput dalam urusan pembuatannya, sobat dapat juga mencicipi Lempuk Bengkulu yang sudah jadi pada gerai-gerai souvenir dan oleh yang banyak terdapat dikota Bengkulu. Salah satunya yaitu pada pusat oleh-oleh Bengkulu yang terdapat disepanjang Jalan Anggut atas, dekat sImpang Lima Kota Bengkulu dengan harga yang cukup murah. Simak juga resep menarik laiinya dari kuliner Bengkulu yaitu Sambal Tempuyak.

Posting Komentar

Counter Stats

Berlangganan Resep Via Email

Masukkan Email Anda Dan Dapatkan Resep Terbaru dari Blog Ini :

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

© Copyright 2011 Masakan Kuliner Bengkulu | Lensa kamera | Cari Barang Elektronik Rumah Tangga

Back to TOP